Sabtu, 23 Maret 2013

Lingkungan Menurut Saya



Lingkungan adalah suatu ekosistem yang terdiri dari makhluk hidup dan makhluk tidak hidup. Contoh makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan lain lain sedangkan contoh makhluk tidak hidup seperti air, udara, tanah, dan lain lain. Itu adalah suatu ikatan yang tidak boleh dipisahkan, Sebab jika ikatan tersebut di pisahkan atau juga tidak seimbang, maka yang akan terjadi lingkungan di sekitar tidak harmonis dan selaras, mungkin malah akan terjadi kerusakan. Jika ini terus berlanjut jangan harap kita menemukan kedamaian, mungkin sebaliknya kehancuran.
Kerusakan pada lingkungan hidup terjadi karena dua faktor baik fator alami ataupun karena tangan-tangan jahil manusia. Pentingnya lingkungan hidup yang terawat terkadang dilupakan oleh manusia, dan hal ini bisa menjadikan ekosistem serta kehidupan yang tidak maksimal pada lingkungan tersebut.
Berikut beberapa faktor secara mendalam yang menjadikan kerusakan lingkungan hidup.
a. Faktor alami Banyaknya bencana alam dan cuaca yang tidak menentu menjadi penyebab terjadinya kerusakan lingkungan hidup. Bencana alam tersebut bisa berupa banjir, tanah longsor, tsunami, angin puting beliung, angin topan, gunung meletus, ataupun gempa bumi. Selain berbahaya bagi keselamatan manusia maupun mahkluk lainnya, bencana ini akan membuat rusaknya lingkungan.
b. Faktor buatan (tangan jahil manusia) Manusia sebagai makhluk berakal dan memiliki kemampuan tinggi dibandingkan dengan makhluk lain akan terus berkembang dari pola hidup sederhana menuju ke kehidupan yang modern. Dengan adanya perkembangan kehidupan, tentunya kebutuhannya juga akan sangat berkembang termasuk kebutuhan eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan.
Kerusakan lingkungan karena faktor manusia bisa berupa adanya penenbangan secara liar yang menyebabkan banjir ataupun tanah longsor, dan pembuangan sampah di sembarang tempat terlebih aliran sungai dan laut akan membuat pencemaran.
Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup
a. Penanaman kembali hutan yang gundul
b. Pencegahan terhadap buang sampah dan limbah di sembarang tempat
c. Pemberian sanksi ketat terhadap pelaku pencemar lingkungan
d. Menghentikan eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan
e. Peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian tanah, air, udara dan lingkungan.
Oleh sebab itu kita sebagai manusia yang di anugrahkan berbagai kelebihan dan pemikiran pemikiran jeniusnya harus bisa mencegah dan memberbaiki kondisi ini. Khususnya untuk kita sebagai generasi yang terpelajar dan berwawasan tinggi wajid menjadi palang pintu paling terdepan. Semoga kita bisa dan buat lah yang ajaib buat bumi kita.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

free web counter

Peta Pengunjung

Page Rank

Most Wanted

Tuker Link Yuk

/* Circle Text Styles */ #outerCircleText { font-style: normal; font-weight: normal; font-family: 'comic sans'; color: #FF6600; position: absolute;top: 0;left: 0;z-index: 3000;cursor: default;} #outerCircleText div {position: relative;} #outerCircleText div div {position: absolute;top: 0;left: 0;text-align: center;} ">

Copyright © 2012. Belajar Lingkungan dan Kimia Industri - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz